Kepulauan karimunjawa terletak di pantai utara pulau jawa tepatnya di utara Jepara dan sudah berbentuk sebuah kecamatan di Kota Jepara, Jawa Tengah.

Kecamatan karimunjawa berbentuk kepulauan yang berada di laut jawa dan berjarak sekitar kurang lebih 90 KM dari pusat Kota Jepara. Kepulauan ini pun terdiri dari 27 pulau yang tersebar di kecamatan tersebut, tetapi hanya 5 pulau saja yang sudah berpenghuni termasuk lapas yang terdapat di kepulauan karimunjawa ini.

Menurut sejarah kepulauan karimunjawa berasal dari sebuah kisah Syekh Amir Hasan yang merupakan putra Sunan Muria sekaligus juga murid dari Sunan Kudus. Karena kenakalannya dirinya di buang ke kepulauan yang dapat dilihat dari kejauhan yang disebut kerimun dalam bahasa jawa yang berarti samar dalam bahasa indonesia. Dan lambat laun banyak yang mengetahui kepulauan tersebut lalu jadilah nama kepulauan kerimunjawa.

Dengan keunggulan yang berada di laut jawa menjadikan kepulauan karimunjawa ini sebagai destinasi tempat wisata cukup populer di Pulau Jawa. Banyak sekali wisatawan lokal maupun internasional yang sudah pernah berkunjung kesini.

Dengan dukungan dari pemerintahan pusat yang juga mengembangkan tempat wisata tersebut menjadikan kepulauan karimunjawa menjadi sebuah taman laut nasional Indonesia di tahun 2001. Penobatan sebagai taman laut nasional ini tidak lain karena dari segi potensi laut jawa disini sangat bagus untuk di jadikan pariwisata.

Kepulauan karimunjawa ini memiliki 100 lebih jenis karang laut dan memiliki 250 lebih beragam jenis ikan. Apalagi di beberapa pulau terdapat hutan mangrove serta hutan pantai, dan di pulau-pulau tertentu juga anda bisa menjumpai beberapa jenis satwa di daratan sepeti kera, rusa, burung, penyu, kura-kura, dan lain sebagainya.

Jika dilihat dari segi fasilitas kepulauan karimunjawa memiliki fasilitas yang memadai, walaupun di beberapa pulau belum tersentuh pembangunan sedikit pun. Perencanaan ke depan sebuah kecamatan ini menargetkan perkembangan yang begitu signifikan seperti melakukan pembangunan perkampungan rumah adat khas jepara, kebun binatang, alun-alun, pusat kuliner setempat, stadion mini, fasilitas kapal selam, kabel fiber optik untuk konseksi internet dan lain sebagainya.


Selesai sudah penjelasan saya kurang lebihnya mohon maaf dan semoga bermanfaat artikel tentang kepulauan karimunjawa jepara yang patut di singgahi.

Related Posts

Indahnya Goa Jatijajar Dari Luar dan Dalam Goa

Destinasi Tempat Wisata Kawah Putih Bandung

Wisata Pantai Jogja Yang Wajib Anda Singgahi

Air Terjun Bidadari Sentul Yang Mempesona

Pantai Klayar Pacitan Dengan Sejuta Keindahan

Pantai Drini Jogja Dan Bukit Kosakora Yang Eksotis

Comments

Reply comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *